Semua Ilmu Sosiologi Ada Disini

FAKTOR PENGHAMBAT MOBILITAS SOSIAL

Selain faktor pendorong terdapat pula faktor yang dapat menghambat terjadinya mobilitas sosial. Beberapa faktor penghambat terjadinya mobilitas sosial antara lain sebagai berikut :
a.       Kemiskinan
Faktor ekonomi dapat membatasi mobilitas sosial. Bagi masyarakat miskin, mencapai status sosial tertentu merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Misalnya memutuskan tidak melanjutkan sekolah karena orang tua tidak amampu membiayai.
b.      Diskriminasi Kelas
Sistem kelas tertutup dapat menghalangi mobilitas keatas, terbukti dengan adanya pembatasan keanggotaan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan.
c.       Perbedaan Ras dan Agama

Dalam sistem kelas tertutup tidak memungkinkan terjadinya mobilitas vertikal keatas. Dalam agama tidak dibenarkan seseorang dengan sebebas-bebasnya dan sekehendak hatinya berpindah-pindah agama sesuai keinginannya.
d.      Perbedaan Jenis Kelamin
Dalam masyarakat pria dipandang lebih tinggi derajatnya dan cenderung menjadi lebih mobil daripada wanita. Perbedaan jenis kelamin berpengaruh dalam mencapai prestasi, kekuasaan, status sosial, dan kesempatan-kesempatan dalam masyarakat.
e.       Faktor Pengaruh Sosialisasi yang sangat Kuat
Sosialisasi yang sangat atau terlampau kuat dalam suatu masyarakat dapat mengahmbat proses mobilitas sosial, terutama berkaitan dengan nilai-nilai dan adat yang berlaku. Misalnya, suatu masyarakat yang terisolasi terhadap pengaruh luar, maka masyarakat tersebut tertutup terhadap kemungkinan mobilitas.
f.       Perbedaan Kepentingan
Adanya perbedaan kepentingan antarindividu dalam suatu struktur organisasi menyebabkan masing-masing individu salaing bersaing untuk memperebutkan sesuatu. Perbedaan kepentingan ini seringkali meimbulkan sikap saling menghambat dalam mencapai tujuannya.


Referensi :
Soerjono Soekanto. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

4 Response to "FAKTOR PENGHAMBAT MOBILITAS SOSIAL"

  1. Unknown says:
    14 Desember 2014 pukul 22.20

    a

  2. Unknown says:
    4 April 2018 pukul 04.49
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  3. Unknown says:
    4 April 2018 pukul 04.51

    CARA BIKIN BLOG GINI KAYAKMANA YA CHINGGU

  4. Unknown says:
    26 Oktober 2018 pukul 04.36

    Mksa Min

Posting Komentar