Semua Ilmu Sosiologi Ada Disini

SALURAN-SALURAN MOBILITAS SOSIAL


Menurut Ptirim A Sorokin, mobilitas sosial dapat dilakukan melalui beberapa  saluran berikut :
1.      Angkatan Bersenjata
Seseorang yang tergabung dalam angkatan bersenjata biasanya ikut berjasa dalam membela nusa dan bangsa sehingga dengan jasa tersebut ia mendapat sejumlah penghargaan dan naik ke status yang lebih tinggi.
2.      Pendidikan
Pendidikan baik formal maupun nonformal merupakan saluran untuk mobilitas vertikal yang sering digunakan, karena melalui pendidikan seseorang bisa mengubah statusnya dari status di strata bawah ke status strata atas.
3.      Organisasi Politik
Seorang anggota parpol yang profesional dan punya dedikasi yang tinggi serta loyal terhadap partainya, kemungkinan besar akan cepat mendapat status dalam partainya, bahkan mendapat peluang yang besar menjadi anggota dewan legislatif maupun ekseskutif

4.      Lembaga Keagamaan
Lembaga ini merupakan salah satu saluran mobilitas vertikal, meskipun setiap agama menanggap bahwa setiap orang mempunyai kedudukan yang sederajat, tetapi pemuka-pemuka agama selalu berusaha keras untuk menaikkan status mereka yang berkedudukan rendah ke kedudukan yang lebih tinggi.
5.      Oraganisasi ekonomi
Organisasi ini, baik yang bergerak dalam bidang perusahaan maupun jasa pada umumnya memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi seseorang untuk mencapai mobilitas vertikal karena dalam organisasi ini posisi sosial bersifat relatif terbuka.
6.      Organisasi Profesi
Organisasi profesi lainnya yang dapat dijadikan sebagai saluran mobilitas vertikal antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), dan lain sebagainya.
7.      Perkawinan
Melalui perkawinan seseorang dapat menaikkan statusnya. Misalnya, seorang wanita yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja menikah dengan pria yang status sosial ekonominya lebih tinggi. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan naiknya status sosial ekonomi wanita tersebut.
8.      Organisasi Keolahragaan
Melalui organisasi keolahragaan seseorang dapat meningkatkan statusnya ke strata yang lebih tinggi.

Cara Umum Untuk Memperoleh Status Sosial
Secara umum terdapat da cara yang dapat digunakan untuk memperoleh suatu status sosial, yaitu melalui askripsi dan melalui prestasi.
a.       Askripsi
Askripsi adalah cara untuk memperoleh kedudukan melalui keturunan. Contohnya sistem kasta dan gelar kebangsawanan.
b.      Prestasi
Prestasi adalah cara untuk memperoleh kedudukan pada lapisan tertentu dengan usaha sendiri. cara inilah yang banyak ditempuh orang untuk mencapai status yang lebih tinggi.

Cara Khusus untuk Menaikkan Status Sosial
Adapun secara khusus, cara-cara yang digunakan untuk menaikkan status sosial adalah sebagai berikut :
a.       Perubahan Standar Hidup
Kenaikan penghasilan seseorang tidak otomatis menaikkan status seseorang, tetapi akan merefleksikan standar hidup yang lebih baik sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan status. ,isalnya, seseorang yang memilki mobil akan dipandang memiliki status yang lebih tinggi.
b.      Perubahan Nama
Mobilitas sosial dapat dilakukan dengan cara mengubah nama, karena dalam masyarakat sebuah nama diidentifikasikan pada posisi sosial tertentu.
c.       Perubahan Tempat Tinggal
Seseorang dapat berpindah tempat tinggalnya dari yang lama ke baru dengan fasilitas lebih baik dalam rangka meningkatkan status sosial. Misalnya, tinggal di perumahan mewah akan dipandang memiliki status sosial yang lebih tinggi.
d.      Perubahan Tingkah Laku
Seseorang yang berusaha menaikkan status sosialnya akan berusaha mempraktikkan bentuk-bentuk tingkah laku dan sifat dari kelas yang lebih tinggi.
e.       Bergabung dengan Organisasi Tertentu
Untuk meningkatkan status sosialnya, seseorang bisa melibatkan diri dengan salah satu oraganisasi tertentu, misalnya kelompok hobi yang berkelas.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "SALURAN-SALURAN MOBILITAS SOSIAL"

  1. sablon cup says:
    13 Maret 2014 pukul 17.21

    terima kasih infonya, sangat bermanfaat.

    www.kiostiket.com

  2. Unknown says:
    26 September 2019 pukul 07.10

    Halo ini sangat bagus

Posting Komentar